Penderita HIV di Aceh Utara Bertambah 8 Orang, 3 Meninggal Dunia

Foto: bestcare.org

Lhokseumawe | Acehcorner.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara mencatat total kasus penderita HIV/AIDS di Kabupaten Aceh Utara pada tahun 2024 sebanyak 187 kasus. Angka itu meningkat jika dibandingkan dengan data tahun sebelumnya.

Kepala dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, dr Ferry, menyebutkan, jumlah data penderita tahun 2022 sebanyak 14 orang dan 2 orang dinyatakan meninggal dunia. Tahun 2023 ada penambahan menjadi 16 orang dan 1 meninggal satu orang. Berikutnya sejak Januari – Juni 2024 ada penambahan delapan 8 penderita HIV/ AIDS dan dinyatakan meninggal dunia 3 orang.

“Pada tahun 2023 satu anak di bawah umur positif menderita HIV/AIDS setelah ditreking ternyata tertular dari ibunya. Saat ini pasien masih fokus menjalani perawatan dan pendapingan,” terang dr Ferry, pada Jumat (5/7/2024).

Kata dr Ferry, dari angka tersebut penderita HIV/AIDS paling banyak ditemui dari jenis kelamin laki-laki. Sebagian besar penyebab tertular penyakit mematikan itu faktor utama dari seks bebas yang tertular dari suami atau dari istri ke suami dan juga akibat penggunaan narkoba lewat jarum suntik.

Dengan peningkatan kasus HIV/AIDS ini, telah menjadi perhatian serius bagi Dinas Kesehatan Aceh Utara. Dibutuhkan sinergi dan kolaborasi antar instansi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

“Upaya yang terus kami lakukan sosialisasi terhadap masyarakat baik masyarakat umum maupun ke sekolah- ke sekolah. Mengajak masyarakat untuk memeriksakan diri atau skrining HIV bila merasa beresiko dan melakukan skrining terhadap populasi kunci,” pungkasnya. (DA)

0 Komentar

https://www.acehcorner.com/p/informasi-iklan.html